Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Menyembelih hewan adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah bagi umat Islam yang memiliki kelebihan rejeki. Namun, tidak sembarang jenis hewan yang bisa disembelih pada Hari Raya Idul Adha. Hewan yang bisa disembelih harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh syariat Islam. Hewan yang layak dan sah untuk hewan kurban adalah hewan ternak, bukan hewan liar atau hewan buas. Hewan ternak yang biasa disembelih saat Hari Raya Idul Adha adalah sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta. Selain itu, hewan ternak tersebut harus didapatkan melalui proses transaksi yang halal. Hewan tersebut bukan didapatkan dari mencuri atau membeli dengan uang yang haram. Hewan yang akan dikurbankan harus memenuhi syarat usia yang sudah ditetapkan. Selain itu, hewan tersebut tidak boleh cacat secara fisik. Agar tidak memilih hewan untuk kurban, di bawah ini ada beberapa tips untuk memilih hewan yang tepat untuk kurban.


Pilih Tempat Membeli Hewan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli hewan kurban adalah memilih tempat dimana bisa membeli hewan tersebut. Tempat pembelian hewan mempengaruhi kualitas dan kesehatan dari hewan untuk kurban. Sebaiknya jangan membeli hewan ternak yang diternak di sekitar pembuangan sampah. Hewan yang sering berada di tempat yang kotor seperti pembuangan sampah berisiko mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh. Sebaiknya pilihlah hewan untuk kurban yang diternak di peternakan yang bersih dan tidak terpapar polusi udara. Hewan di peternakan yang bersih dan dikelola dengan baik akan terhindar dari stres dan masalah kesehatan yang lain.

Perhatikan Nafsu Makan Hewan

Kesehatan hewan kurban memang hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu parameter yang menentukan hewan tersebut sehat atau tidak adalah nafsu makannya. Hewan untuk kurban yang sehat adalah hewan dengan nafsu makan yang baik, bulu yang tidak kusam, pergerakannya lincah, dan matanya bersinar. Akan lebih baik jika hewan yang akan dibeli memiliki SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) yang didapatkan dari dokter hewan atau dinas terkait.

Perhatikan Organ Tubuh Hewan

Selain nafsu makan, organ tubuh hewan yang untuk dikurbankan perlu diperhatikan untuk mengetahui kesehatan hewan tersebut. Misalnya, kelopak mata. Kelopak mata hewan yang sehat berwarna pink. Jangan pilih hewan dengan kelopak mata yang pucat atau kekuning-kuningan. Perhatikan pula hidung dari hewan kurban. Hidung hewan yang sehat memiliki warna merah terang, terlihat basah, dan bersih. Selain itu, perhatikan postur dari hewan tersebut. Jika ingin memilih sapi maka pastikan sapi tersebut memiliki tulang punggung yang tidak terlalu menonjol dan relatif rata, tanduk yang seimbang, kaki yang simetris, dan proporsi tubuh yang ideal. 

Komentar