Peluang Usaha Jual Aneka Selai Homemade Berbagai Rasa

Menu sarapan sehari-hari memang tak harus dengan nasi putih dan lauk. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, menu sarapan roti dengan segelas susu memang sudah cukup. Agar tidak membosankan, menu sarapan roti anda tentu akan lebih mengasikkan bila anda menambahkan olesan selai. Selai menjadi teman roti yang paling nikmat. Apalagi varian rasa selai yang bisa ditemukan di pasaran sangat beragam. Jadi anda bebas memilih rasa selai yang diinginkan sesuai dengan mood. Olesan selai pada selembar roti akan membuat cita rasa roti yang sebelumnya tawar dan membosankan menjadi lebih yummy. Itulah yang menyebabkan selai banyak disukai oleh masyarakat modern saat ini.



Sarapan dengan roti memang lebih praktis, terlebih bila rutinitas anda selama ini tergolong sangat padat yang tak memungkinkan anda untuk memasak menu sarapan pagi sendiri. Bila anda bosan dengan satu rasa selai, andapun bisa membeli lagi dengan varian rasa lainnya. Produk selai yang di jual di pasaran cukup banyak rasanya, mulai dari coklat, srikaya, buah-buahan, kacang, dsb. Dari banyaknya rasa selai yang di jual di pasaran, selain rasa coklat rasa kacang menjadi salah satu primadona keluarga. Selai kacang memiliki cita rasa yang gurih dan didominasi dengan manis sekaligus legit bila dikunyah. Meski bercita rasa manis dan legit, selai kacang tidak terlalu eneg bila dikonsumsi, malahan cukup membuat ketagihan lagi. Jika anda bosan dengan cita rasa selai kacang original, kini para produsen makanan juga banyak yang memadukannya dengan rasa lain seperti coklat, krim, dsb. Nah apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Selai homemade atau selai yang proses produksinya dilakukan di rumah memang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang terutama setelah munculnya kesadaran untuk memiliki pola hidup sehat yang salah satunya adalah mengonsumsi produk olahan makanan yang bebas dari zat pengawet, pemanis dan pewarna buatan. Hal itu pulalah yang membedakan selai homemade dibandingkan dengan selain buatan industri, selai homemade selain tak kalah lezat, ternyata juga lebih sehat. Itulah sebabnya peluang bisnis jual aneka selai homemade masih sangat potensial.

Buah dan kacang-kacangan memang enak dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat seperti kue, biskuit, roti dan sebagainya. Selain itu dapat juga dijadikan selai. Agar tidak cepat membusuk, memang lebih baik dijadikan selai. Selai mudah dibuat dengan peralatan masak sederhana yang ada di rumah. Sehingga jika Anda ingin jual macam-macam selai, Anda hanya perlu membeli toples kaca saja untuk wadah selai. Ada tips khusus agar selai Anda bisa lebih awet dan tahan lama:

Tips Agar Selai Awet Dengan Bahan Alami

 • Pilihlah jenis buah yang tepat,

Misalkan buah dengan kadar pektin dan keasaman yang cukup tinggi seperti apel, nanas, strawberry, sirsak, belimbing, srikaya dan sebagainya. Untuk jenis kacang-kacangan yang tepat untuk selai antara lain kacang tanah, kacang almond, dan kacang mede.

• Masuk ke tahap pengolahan, 


Pastikan bahwa proses pengolahannya benar, perhatikan kualitas dan higienitas bahan serta peralatan masak yang digunakan. Masak selai pada api yang kecil dengan terus diaduk agar tidak menggumpal dan matang sempurna tanpa tersisa air.

• Pastikan Higienis


Kebersihan dan higienitas toples kaca sebagai wadah selai, tutup serapat-rapatnya dan simpan dalam suhu ruangan yang rendah, terhindar dari sinar matahari dan lembab.

Agar lebih sehat lagi, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan atau kacang-kacangan organik yang mana bebas pestisida dan zat lilin sehingga menjadikan selai buatan Anda lebih sehat dan tetap lezat. Jual aneka selai Anda melalui media sosial yang Anda miliki atau Anda bisa juga menjualnya di Lemonilo. Berilah ciri khas pada nama dan kemasan dari selai buatan Anda agar mudah familiar di kalangan masyarakat.

Komentar