Berkurban Dengan Kambing Kurban

Menunaikan ibadah qurban hukumnya adalah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu, sedangkan hukumnya menjadi makruh apabila ibadah tersebut tidak dijalankan padahal tergolong mampu. Mayoritas masyarakat muslim yang ada di Indonesia memilih kambing kurban dibandingkan dengan sapi maupun unta. Karena sapi maupun unta lebih mahal berkali-kali lipat dibandingkan harga kambing. Misalnya harga sapi lokal dengan bobot kurang dari 220 kg yang berlaku saat ini adalah Rp 12.250.000,- sedangkan harga kambing lokal dengan bobot kurang dari 27 kg adalah Rp 1.750.000,-. Selain itu, sebagian masyarakat menganggap bahwa qurban menggunakan kambing lebih afdhol karena atas nama satu orang saja, sedangkan qurban menggunakan sapi biasanya bisa maksimal untuk tujuh nama orang yang berkurban. 



Sebelum membeli hewan qurban terutama kambing, sebaiknya teliti dalam memilih, karena tidak sembarangan kambing kurban atau hewan qurban lainnya yang layak untuk dikurbankan sesuai dengan syariat Islam. Syarat hewan yang sah dikurbankan yaitu merupakan milik sendiri atau bukan merupakan milik orang lain dari mencuri dan sebagainya. Kemudian hewan yang dikurbankan hendaknya berusia setengah tahun hingga satu tahun. selain itu, hewan yang akan dikurbankan harus dalam keadaan sehat tanpa ada cacat sedikitpun. Karena jika memilih hewan yang tidak sehat dan cacat, daging qurban yang dikonsumsi menjadi tidak sehat bahkan bisa menyebabkan penyakit. Syarat sah hewan qurban yang terakhir yaitu harus disembelih sesuai waktu yang telah ditetapkan, yaitu setelah sholat sunnah Idul Adha. 

Apabila Anda ingin menunaikan ibadah qurban menjadi lebih praktis, Global Qurban adalah pilihan alternatif yang paling tepat, karena hewan yang dikurbankan dikelola dengan baik, aman dan transparan. Program qurban yang ditawarkan oleh Global Qurban merupakan program yang inovatif dan tentunya memiliki manfaat yang lebih luas baik bagi pequrban maupun masyarakat yang berhak menerima qurban. Dalam penyediaan kambing kurban, Global Qurban bahkan selalu berupaya untuk memberdayakan peternak lokal dengan mendirikan Lumbung Ternak Masyarakat yang dengan bekerjasama dengan peternak profesional untuk menghasilkan hewan qurban terutama kambing yang berkualitas. Lumbung ternak tersebut sudah berdiri di 3 kota di yaitu Tasikmalaya, Jogjakarta dan Blora. Dengan demikian kehidupan peternak lokal akan lebih sejahtera.   

Menunaikan ibadah qurban memang sangat penting bagi setiap umat muslim yang mampu, agar dapat melatih diri untuk lebih peduli dengan orang yang kurang mampu, sehingga memupuk jiwa solidaritas, serta menjauhkan diri dari sifat tamak. Karena setiap rezeki yang didapatkan, sebagian dari rezeki tersebut merupakan hak orang lain yang diamahkan oleh Alloh SWT. Oleh sebab itu, apapun hewan qurban yang dipilih, baik itu sapi, unta maupun kambing kurban, yang terpenting adalah keikhlasan, agar mendapat pahala yang sempurna dari Alloh SWT.

Komentar