Kriteria Sapi Kurban Yang Sehat

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar yang dimiliki oleh umat Islam. Di beberapa tempat di Indonesia, hari besar yang satu ini juga disebut dengan lebaran haji. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan hari besar tersebut tepat bersamaan dengan dilaksanakannya ibadah haji di Tanah Suci. Ya, hari raya yang satu ini jatuh tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah. Berbeda dengan hari raya idul fitri, hari besar yang satu ini dilaksanakan dengan melakukan solat id dan kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban merupakan hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, domba, atau unta yang disembelih dengan tujuan agar semakin dekat dengan sang Pencipta. Di Indonesia sendiri, hewan ternak yang kerap dijadikan hewan kurban adalah sapi. Sapi kurban dipilih menjadi hewan kurban karena memiliki ukuran yang lebih besar sehingga akan menghasilkan daging yang lebih banyak.

Umumnya, satu buah sapi dapat memperoleh sekitar 200 Kg daging. Berbeda dengan kambing yang satu ekornya digunakan oleh satu orang, satu ekor sapi kurban dapat digunakan oleh 7 orang yang berbeda baik saudara maupun bukan sehingga hal ini akan membantu Anda yang kekurangan dana akan tetapi ingin melakukan kurban sapi. Ketika Anda akan membeli hewan kurban yang satu ini, tentulah Anda harus mengetahui beberapa persyaratan yang arus dimiliki oleh hewan ternak agar dapat dijadikan sebagai hewan kurban. Ada beberapa persyaratan yang menjadikan sebuah kriteria pada hewan tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai hewan kurban. Salah satunya adalah harus dalam kondisi yang sehat.

Kondisi sehat dari hewan kurban tentulah akan sangat mempengaruhi kesehatan mereka yang mengonsumsinya. Jika hewan kurban yang akan mereka konsumsi memiliki penyakit, tentulah akan memungkinkan berpindahnya berbagai macam virus serta bakteri ke dalam tubuh mereka. Ada beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa sapi kurban tersebut merupakan sapi yang sehat. Pertama, sapi yang sehat akan memiliki gerakan yang lincah. Selain gerakannya lincah, sapi tersebut juga akan aktif bergerak dan tampak bersemangat. Kedua, sapi yang sehat akan memiliki rambut yang bersih serta terbebas dari berbagai macam penyakit serta parasit. Ada beberapa parasit yang sangat mudah ditemukan dalam hewan sapi yang kurang sehat, salah satunya adalah kutu. Ketiga, sapi yang sehat akan memiliki mata yang jernih. Jika Anda menemukan sapi dengan mata yang keruh serta belekan, berarti sapi tersebut dalam kondisi yang kurang sehat.

Keempat, sapi yang sehat akan memiliki mulut yang bersih serta tidak mengeluarkan air liur yang terlalu banyak. Jika Anda menemukan sapi yang mengeluarkan air liur yang terlalu banyak, maka Anda patut curiga bahwa hewan tersebut sedang dalam kondisi yang kurang sehat. Demikian beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa sapi kurban tersebut dalam kondisi yang sehat.

Komentar