5 Ide Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tidak menjadi penghalang untuk berinovasi. Dengan sedikit ide kreativitas, anda dapat menjalankan bisnis usaha kecil kecilan untuk memanfaatkan waktu kosong dan juga membantu suami menambah penghasilan rumah tangga. Lalu usaha apa yang sesuai dengan anda supaya bisa membantu kondisi keuangan keluarga dan tidak mengganggu mengurus keluarga. Berikut ini usaha sampingan yang sangat menjanjikan dan dan justru menjadi sumber pemasukan utama bagi keluarga.

Jenis usaha sampingan bagi ibu rumah tangga


1. Membuat Kerajinan Tangan dari Flanel

Jika anda suka membuat kerajinan tangan dari flannel dapat dijadikan bisnis rumahan. Bisnis flannel ini sangat menjanjikan karena kerajinan tangan yang satu ini menjadi kebutuhan banyak orang. Baik untuk hadiah, souvenir maupun untuk disimpan sendiri. Pastikan anda membuat kerajinan sesuai dengan target pasar. 

2. Usaha Bidang Kuliner         

Seorang ibu rumah tangga sangat identik dengan memasak. Anda hobi memasak? Jika iya, anda bisa memanfaatkan keahlian itu untuk dijadikan bisnis ynag menguntungkan. Jika anda dekat dengan jalan raya, sekolahan ataupun perkantoran, anda bisa mencoba membuka warung makan. Atau anda bisa membuka usaha catering, usaha ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang mempunyai acara nikahan, sunatan atau cara lainnya yang tidak mau repot memasak. 

3. Usaha Jahit Pakaian   

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Anda jago jahit? Jika anda memang memiliki kemampuan dalam bidang jahit menjahit maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha jahitan ini. dengan modal satu mesin jahit dan beberapa alat mesin jahit yang tentunya tidak terlalu besar anda sudah bisa melakukan kegiatan bisnis rumahan ini di rumah anda. 

4. Bisnis Online    

Salah satu trend bisnis yang popular sekarang ini adalah trend membuka bisnis online. Internet sudah seperti kebutuhan primer. Jika anda cermat, bukankah ini sangat membuka peluang untuk kita membuka usaha? Dan jika kita mau berusaha hasil yang dicapai di bisnis online ini tidak kalah dengan hasil jika kita membuka usaha offline. Bisnis ini hanya memerlukan waktu luang untuk menjalankannya tanpa modal dan cocok dijalankan ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Bisnis online memiliki banyak macam yang bisa anda jalankan sesuai dengan passion anda, seperti:
a. Penulis artikel online
b. Jualan produk kecantikan
c. Membuat Blog
5. Membuka Jasa Les
Keahlian dalam bidang akademis yang anda miliki bisa menjadi modal untuk membuka jasa les pelajaran bagi anak sekolah. Ada cukup banyak anak sekolah yang mengalami kesulitan dalam pelajaran. Anda bisa memulainya hanya dengan bermodalkan papan tulis dan spidol sebagai media pembelajaran dan anda bisa menggunakan ruang tamu untuk tempat les
Itulah referensi jenis usaha sampingan bagi ibu rumah tangga, silahkan pilih salah satu sesuai dengan kemampuan anda.

Komentar