Produk Minyak Zaitun Tidak Semuanya Sama

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang memang diklaim lebih sehat dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, apalagi minyak kelapa. Meskipun memang kalau perkara harga minyak zaitun murni lumayan lebih mahal dibandingkan minyak kelapa. Hal ini tidaklah lain karena di dalam minyak zaitun terkandung asam lemak tak jenuh, kemudian tentunya juga tidak ketinggalan adalah mengandung berbagai macam vitamin, kemudian mineral hingga juga fenol. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari minyak zaitun, kita bisa menggunakannya untuk memasak ataupun untuk perawatan dari luar tubuh, baik perawatan pada kulit maupun rambut. 

Kita memang bisa menemukan banyak macam produk minyak zaitun di pasaran. Akan tetapi tidaklah semua produk minyak zaitun memiliki kualitas yang sama. Ada jenis minyak zaitun biasa atau minyak zaitun reguler seperti jenis light, pure, dan juga virgin serta jenis lainnya adalah extra virgin olive oil. Umumnya minyak zaitun terbagi kedalam dua kategori yaitu yang melalui proses pemurnian dan juga yang mentah. Antara harga minyak zaitun murni dengan yang tidak pastinya juga memiliki perbedaan. 



Untuk jenis minyak zaitun virgin dan juga extra virgin olive oil masuk ke dalam kategori tidak mengalami proses pemurnian atau tidak mengalami pemanasan berlebih yang memakai bahan kimia. Pengolahan jenis minyak zaitun ini cuman ditekan serta diperas guna mengeluarkan minyaknya. Dengan proses tersebut menjadikan jenis minyak zaitun virgin dan extra virgin pun memiliki kualitas yang paling baik dibandingkan dengan yang biasa lantaran juga kandungan zat gizi di dalamnya lebih terjaga dengan baik. Meskipun memang kalau perkara harga sendiri, harga minyak zaitun murni virgin dan extra virgin agak lebih tinggi ketimbang jenis biasa.

Sementara itu jenis minyak zaitun yang biasa atau yang labelnya light maupun pure olive oil adalah jenis minyak zaitun yang sudah mengalami proses pemurnian. Jenis minyak zaitun ini pengolahannya dilakukan dengan pelarut serta dipanaskan dengan suhu yang lumayan tinggi guna menghilangkan bau yang kurang diinginkan. Lantas, bukan berarti jenis minyak zaitun yang telah melalui proses pemurnian ini tidak baik digunakan. Hanya saja memang kandungan nutrisinya tidak lebih banyak dari yang minyak zaitun virgin dan extra virgin. Dikembalikan juga pada bagaimana kebutuhan pemakaian. Minyak zaitun sendiri bisa kita beli dengan mudah baik di minimarket, supermarket ataupun belanaja online seperti di Lemonilo salah satunya. 

Komentar