Pentingnya Berqurban Saat Idul Adha Tiba

Menjelang idul adha hewan qurban pasti sangat dicari oleh para umat muslim. Sehingga akan banyak sekali lembaga-lembaga syariat islam yang jual hewan qurban. Berqurban hukumnya wajib bagi para umat muslim yang dianggap mampu oleh Allah SWT. Menyembelih hewan qurban sudah menjadi tradisi atau ritual beribadah yang biasa dilakukan oleh umat muslim saat idul adha tiba. Namun, jangan sembarang memilih hewan qurban, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Jika tidak sesuai dengan persyaratan, maka hewan qurban tersebut tidak akan sah di mata Allah.

Persyaratan Hewan Qurban Sesuai Syariat Islam


Berikut akan dijelaskan syarat-syarat hewan qurban yang sah di mata Allah SWT.

1. Hewan qurban harus berupa hewan ternak contohnya yaitu sapi, kambing, unta dan domba. Harus ke empat hewan ini, jika tidak amalan Anda tidak akan sah.

2. Telah memasuki usia yang dituntut oleh syariat islam yaitu berusia setengah tahun  (jaza’ah) dan berusia satu tahun (tsaniyyah)

3. Tidak ada aib, yang dimaksud aib disini adalah bebas dari cacat misalnya buta sebelah (yang benar-benar terlihat), sakit yang terlihat, pincang dan terlalu kurus.

4. Hewan qurban benar-benar milik sendiri, bukan hasil merampok atau bukan milik orang lain. Jika memang milik orang lain, sudah mendapatkan izin penuh dari orang tersebut.

5. Waktu penyembelihannya harus sesuai syariat islam, jika dilakukan sebelum atau sesudah waktu yang telah ditentukan maka penyembelihan tidak akan sah.

Jika hewan qurban yang Anda miliki sudah memenuhi syarat-syarat diatas maka insha Allah ritual berqurban yang Anda lakukan pasti sah. Saat ini banyak sekali lembaga kemanusiaan yang jual hewan qurban dengan kondisi sehat dan pastinya memenuhi persyaratan di atas. Salah satunya adalah globalqurban.com yang berada di bawah aksi cepat tanggap. Bekerja sama dengan ACT yang siap membantu Anda untuk menyalurkan daging-daging qurban ke daerah yang mayoritasnya adalah masyarakat miskin.

Hal ini akan sangat memuaskan bagi para pelaksana qurban, karena selain bisa menyembelih hewan qurban tanpa syarat, juga bisa membahagiakan masyarakat miskin. Sekarang tidak perlu lagi bingung mencari tempat jual hewan qurban yang bagus dan terpercaya. Dengan hewan qurban yang berkualitas maka ibadah pun terasa lebih menyenangkan. Selain menyembelih, Anda juga bisa sekaligus bersedekah kepada rakyat miskin. Allah pasti akan melipat gandakan pahala Anda bagi Anda yang tulus dan ikhlas melakukannya semata-mata karena Allah.

Kualitas hewan qurban pun bisa dilihat dari berat hewan tersebut, kesehatannya, ada cacat atau tidak dan ukurannya. Hewan qurban yang berkualitas pasti akan terlihat sehat, berat dan besar. Tidak perlu lagi akan persyaratan yang ada, walaupun Anda harus tetap memeriksa kualitas hewan tersebut. ACT siap membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Komentar