Hadirnya Lembaga Pengelola Wakaf Produktif Di Indonesia

Wakaf adalah salah satu sunnah dalam islam yang memberikan berbagai manfaat bagi orang banyak. Wakaf dapat diartikan sebagai penahanan hak milik suatu umat muslim atas materi benda yang bertujuan untuk menyedekahkan manfaat. Wakaf itu ibarat menabung untuk kepentingan di akhirat, jadi Anda investasi harta bergerak maupun harta tak bergerak yang Anda miliki untuk dipergunakan oleh orang yang berhak dan sesuai dengan ajaran agama islam. Wakaf sendiri banyak jenisnya, salah satunya wakaf tunai yang berbentuk uang tunai untuk kepentingan agama islam. Hal-hal seperti ini harus dikelola dan diawasi dengan baik oleh lembaga wakaf produktif di indonesia.Karena jika tidak, tujuan wakaf bisa disalahgunakan.

Hadirnya pengelola wakaf produktif di indonesia sangat penting, karena jika tidak dikelola dengan baik akan banyak orang yang menyalahgunakannya. Wakaf adalah harta yang diberikan semata-mata untuk Allah SWT. Karena itu harus dijaga baik-baik agar nilai dan tujuannya tetap sama di mata Allah. Bagi umat muslim yang mewakafkan sebagian hartanya, maka sudah mendapatkan kunci menuju pintu surga. Sesungguhnya tidak ada orang yang benar-benar mulia selain orang-orang yang mewakafkan hartanya untuk kepentingan sesama. Allah sangat mencintai umatnya yang memiliki sifat dermawan dan menolong antar sesama. Wakaf pun bisa berguna sampai seumur hidup, tergantung pemeliharaan dan pengelolaannya. Seperti contoh masjidil haram yang sampai detik ini masih berdiri tegak dan memberikan manfaat bagi umat muslim.

Manfaat wakaf bagi umat muslim



Wakaf sendiri harus memberikan manfaat bagi banyak orang, dengan adanya pengelola wakaf produktif wakaf maka wakaf bisa dikelola dengan baik. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat muslim. Lembaga pengelola wakaf juga harus bisa mengatur wakaf agar bisa tersebar merata ke seluruh daerah yang membutuhkan. Contohnya wakaf tunai, pengelola wakaf produktif harus bisa mengawasi dan menjaga agar nilai pokok wakaf uang tetap terjamin kelestariannya, tidak dijual, dihibahkan atau diwariskan. Kemudian wakaf tunai juga dipastikan dapat membantu umat muslim yang kekurangan. Untuk wakaf harta tidak bergerak seperti tanah, harus dipergunakan untuk kegiatan umat muslim dan bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Seperti dibangun masjid atau pesantren. 

Lembaga pengelola wakaf produktif memiliki tugas yang mulia, ia memegang tanggungan yang besar karena jika tidak berhasil dikelola dengan baik juga akan merugikan orang banyak. Wakaf dapat menguntungkan umat-umat muslim dalam jangka waktu yang panjang. Allah juga akan memuliakan orang-orang yang berhasil mengelola wakaf dengan baik, karena berarti ia telah berhasil memegang amanah dan tanggung jawab yang besar. Dampaknya pun akan bermanfaat bagi orang banyak tanpa terkecuali. Karena bangunan masjid sendiri akan terus digunakan sampai kiamat nanti, tidak akan ada orang yang merugi jika melakukan wakaf.

Komentar