Yang Paling Mencolok dari Generasi Milenial

Berbicara tentang era modern seperti sekarang, tidak terlepas dari kehadiran generasi Y atau juga dikenal dengan nama generasi milenial. Apa sih generasi milenial itu? Generasi milenial merupakan generasi anak muda jaman sekarang yang lahir pada kurun waktu dari tahun 1981 sampai sekitar tahun 1999. Saat ini, generasi milenial tersebut berada di masa-masa produktif dan cukup mendominasi pasar di berbagai aspek. Bagaimana tidak? Mereka memang terlahir di saat teknologi sedang banyak berinovasi, di mana hal ini juga berdampak pada tingkat kecerdasan anak-anak muda jaman sekarang yang tentu menjadi lebih maju dan modern. 



Lantas, apakah semua orang yang lahir dalam kurun waktu yang disebutkan di atas termasuk dalam golongan generasi milenial? Memangnya apa saja sih karakteristik paling mencolok dari generasi milenial? 

- Ketergantungan dengan smartphone. 

Coba perhatikan anak muda jaman sekarang, terutama yang tinggal di kawasan perkotaan. Benda apa yang tidak pernah lepas dari pandangan mereka? Yup, jawabannya pastilah ponsel atau sekarang ada yang lebih canggih yakni smartphone. Salah satu karakteristik ini sangat melekat erat pada generasi milenial, di mana bahkan banyak anak muda zaman sekarang yang lebih memilih untuk mendapatkan informasi maupun hiburan melalui smartphone mereka daripada menggunakan media konvensional seperti televisi, radio, hingga media cetak. 

- Media sosial? 

Hukumnya seolah media sosial wajib. Komunikasi yang terjadi di era modern ini sangat jauh berbeda dengan komunikasi di zaman dulu, dimana kaum milenial sekarang justru lebih banyak berinteraksi melalui dunia maya dibandingkan dengan bertatap muka langsung. Hal ini sangat dipengaruhi dengan keberadaan media sosial, di mana bahkan satu orang saja bisa memiliki lebih dari dua media sosial seperti Line, BBM, WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Selain menjadi tempat untuk berinteraksi, media sosial juga banyak dimanfaatkan anak muda untuk berbisnis, menjadi ajang aktualisasi diri, hingga personal branding. 

- Serba virtual. 

Generasi milenial saat ini memandang dunia dengan cara yang berbeda yakni melalui dunia maya. Dari mulai komunikasi, belanja, mendapatkan informasi, hiburan, dan banyak aktivitas lainnya dilakukan di dunia maya. 

- Mulai beralih ke transaksi cashless. 

Di era serba digital seperti sekarang, turut mengubah sistem transaksi pada masyarakat yakni dengan sistem cashless atau non tunai. Cukup dengan gesek kartu atau tapping, maka transaksi sudah bisa dilakukan. Sistem yang dikenal dengan nama E-money ini juga sudah banyak diterapkan pada  transportasi umum, dan aktivitas jual beli lainnya. 

- Tidak percaya 

Tidak percaya dengan sistem informasi searah atau user generated content (UGC). Generasi milenial biasanya lebih percaya pada testimoni konsumen dibandingkan dengan iklan. 
Nah itulah beberapa karakteristik yang melekat pada generasi milenial. Apakah kamu salah satunya? 

Komentar