Mengintip Kesuksesan Bisnis Kripik Maicih

Siapa yang tidak kenal keripik Maicih? Pencinta makanan pedas pasti sudah pernah merasakan sensasi pedas dan gurih dari keripik Maicih. Keripik Maicih adalah keripik singkong pedas asal Bandung. Keripik Maicih memiliki rasa pedas yang meledak di mulut. Hal yang unik dari keripik Maicih adalah kepedasannya yang dibagi menjadi beberapa level seperti level 5, 10 dan 20. 


Asal Mula Keripik Maicih

Keripik Maicih dicetuskan oleh Reza Nurhilman yang berasal dari Bandung. Reza yang sehari-harinya dipanggl Axl lahir di Bandung pada tanggal 29 September 1987. Axl yang lulus SMA pada tahun 2005 tidak langsung melanjutkan ke bangku perguruan tinggi. Dia mengumpulkan modal untuk berwirausaha. Tetapi usaha pertama Axl bukanlah keripik Maicih melainkan produk elektronik sampai pupuk tanaman. 

Ide bisnis keripik Maicih muncul ketika dia mengunjungi Cimahi. Di sana dia mencicipi keripik singkong pedas yang dibuat oleh seorang nenek. Sayangnya, sang nenek tidak mengomersialkan keripik pedas tersebut. Berbekal resep dari sang nenek, Axl mulai memproduksi keripik singkong pedas dengan merek Maicih. Bisnis keripik Maicih dimulai oleh Axl dengan modal Rp 15.000.000,-. Produksi pertamanya tidak langsung dalam skala besar. Setiap harinya Axl hanya memproduksi 50 bungkus dan dipasarkan dengan cara berkeliling. 

Tidak ada yang menyangka bahwa keripik Maicih yang awalnya dijual dengan cara berkeliling bisa meraup hingga jutaan Rupiah bahkan diekspor ke luar negeri. Lalu? Apa saja rahasia kesuksesan keripik Maicih?

Sistem Pemasaran 

Rahasia kesuksesan pertama dari keripik Maicih adalah sistem pemasarannya yang terkelola dengan baik. Axl memanfaatkan media sosial Twitter dan Facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Melalui media sosial Axl mendapatkan agen penjual keripik Maicih yang disebut dengan istilah “Jenderal”. Axl juga memberi julukan “Ichiers” kepada pembeli keripik Maicih, “Emak” kepada pembuat keripik Maicih, “Cucu” kepada pelanggan keripik Maicih dan “Republik Maicih” kepada manajemen perusahaan keripik Maicih. Selain itu, ada juga istilah unik “Tericih-icih” untuk menggambarkan pembeli yang ketagihan kepedasan keripik Maicih.

Personal Branding

Personal branding menjadi rahasia kesuksesan kedua keripik Maicih. Personal branding adalah cara yang ditempuh untuk memasarkan produk yang dijual. Personal branding sangat efektif dalam pemasaran suatu produk. Bagi Axl personal branding itu penting karena sangat berpengaruh dalam membangun kepercayaan para pembeli keripik Maicih.

Personal branding ditempuh melalui empat tahapan yaitu discover (penemuan), create (pembuatan), communicate (komunikasi dan promosi) dan maintain (penjagaan kualitas). Keripik Maicih merupakan keripik singkong pedas yang unik dan mengusung resep tradisional sang nenek. Keripik Maicih juga dipromosikan dengan cara yang efektif melalui media sosial. Selain itu, kepedasan keripik Maicih tidak pernah berkurang meski keripik tersebut sudah laris manis di pasaran. 

Komentar