Gebrakan Bisnis : Belajar dari Kesuksesan LENOVO

Cina, menjadi negara terbesar dengan perkembangan ekonomi yang paling tinggi. Tidak ingin kalah dalam hal teknologi, merk perangkat elektronik yang berasal dari negara tirai bambu ini mulai bermunculan cukup banyak. Salah satunya adalah LENOVO, kesuksesan yang diraihnya bisa menjadi sebuah pelajaran berharga. Lenovo Group Limited menjadi perusahaan perangkat komputer terbesar di Cina. Perusahaan yang dulunya diketahui bernama Legend Group mulai dikenal luas sejak tahun 2005 setelah resmi mengambil alih perusahaan asal Amerika yaitu IBM. Hingga sekarang LENOVO telah maju dengan beragam perangkat elektronik yang dibuat, mulai dari peralatan komputer, tablet, hingga smartphone. Berikut ulasan singkat tentang pencapaian dan proses perjalanannya menuju kesuksesan.
Kesuksesan LENOVO sebagai produsen smartphone terbesar:


1. Mengambil alih IBM

LENOVO berhasil menaikan penjualan PC IBM dengan pendapatan yang mencapai USD 15 miliar. Sejak saat itu perusahaan ini terus berinovasi dalam mengembangkan produk atau pun strategi bisnisnya dalam menjebol pasar dunia. Menurut Yang Yuanqing selaku CEO dari LENOVO, strategi sukses yang dimilikinya adalah tim istimewa yang beranggotakan sembilan orang dengan enam negara berbeda. Menurutnya tim tersebut menjadi kunci sukses LENOVO dalam mewujudkan misi sebagai perusahaan global dengan pabrik di beberapa pasar dunia. Berkat strategi tersebut LENOVO berhasil menjadi pemimpin dalam memasarkan perangkat elektronik atau PC.

2. Membeli MOTOROLA

Sebagai langkah untuk dapat menguasai pasar membuat LENOVO mengambil gebrakan besar di tahun 2004 dengan membeli MOTOROLA dari Google. Setelah membeli  dengan nilai yang besar yaitu USD 2,91 miliar, diluncurkan produk terbarunya dengan seri MOTO Z. Seri tersebut menjadi produk flashback terhadap MOTOROLA yang pernah meninggalkan daratan Tiongkok. Namun langkah ini sedikit membuat LENOVO turun peringkat sebagai produsen smartphone terbesar nomor tiga di dunia di bawah merek asal Korea Selatan dan Amerika. Walaupun begitu tetap menjadi nomor satu di daratannya sendiri, Cina.

3. Penjualan tercepat dalam waktu singkat

Perusahaan yang selalu mengutamakan optimis dalam setiap produksinya ini kembali mengantarkan LENOVO pada pencapaian yang luar biasa. Pada awal tahun 2015 strategi penjualan online dilakukan melalui toko online terkemuka di beberapa negara. Hasil dari strategi tersebut adalah terjualnya smartphone LENOVO lebih dari 250.000 unit dalam waktu yang sangat singkat yaitu dua detik. Perangkat smartphone yang laris tersebut adalah tipe A6000 yang di pasarkan di India. Sedangkan di Indonesia berhasil terjual hingga 130.000 unit yang sama-sama melalui strategi online. Telephone pintar tersebut dibanderol dengan harga USD 130. Smartphone yang disebut-sebut sangat menarik ini memiliki layar dengan ukuran 5 inchi. Penyimpanan untuk RAM yang dimiliki adalah 1 GB dan 8 GB untuk penyimpanan internalnya. Spesifikasi yang memuaskan untuk harga yang terjangkau menjadikan smartphone ini berhasil membawa LENOVO semakin sukses bertengger sebagai brand elektronik yang diperhitungkan.
Demikian sekilas informasi mengenai pencapaian LENOVO yang cukup menarik untuk disimak dan menjadi tambahan wawasan.

Komentar