Cara Aman Mengindari Cicilan & Riba

Disadari atau tidak, ternyata sekarang ini ada banyak sekali aktivitas riba yang menjamur di berbagai kegiatan, seperti pada sistem kartu kredit, sewa kendaraan, dan masih banyak lagi. Padahal seperti yang kita ketahui dalam Islam bahwa riba ini merupakan sesuatu yang haram dilakukan. Karena sudah menjadi sebuah kebiasaan yang umum terjadi, bahkan riba kerapkali dianggap sebagai hal yang biasa karena bisa menguntungkan pihak tertentu. Namun di balik semua itu nyatanya riba justru punya banyak sisi negatif. 



Sebagai contoh, penggunaan kartu kredit. Dalam sistem yang diterapkan pada kartu kredit ini, nasabah diberikan keleluasaan untuk dapat melakukan transaksi secara pasca bayar. Namun nyatanya dengan kemudahan ini semakin sering kartu digunakan maka akan semakin memperbanyak bunga bank. Hal ini akan membuat nasabah terus mengalami kerugian berupa bunga yang terus bertambah. Lantas, bagaimana caranya agar bisa terhindar dari riba? Ikuti tips berikut ini: 

- Pahami dulu apa bahaya riba. 

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan, di mana jika kita sudah mengetahui seperti apa itu riba dan apa saja bahaya yang ditimbulkannya maka tentu kita akan dengan sendirinya menghindari dari perilaku riba ini. 

- Hindari perilaku konsumtif. 

Cukup lakukan pola hidup yang sederhana yang sesuai dengan pendapatan bulanan. Ketahuilah bahwa perilaku konsumtif justru akan mengarah pada banyak kerugian. 

- Pilih cara halal ketika melakukan transaksi. 

Dalam Islam, transaksi jual beli yang diperbolehkan di antaranya adalah jual beli barang halal, produk yang dijual sudah memiliki izin, penjual merupakan orang yang berkompeten, dan jual beli yang tidak disertai paksaan karena hal ini akan berujung pada satu pihak yang merasa dirugikan. 

- Pilih bank dengan sistem syariah karena bank konvensional biasanya menerapkan sistem riba. 

- Jika melakukan transaksi jual beli, 

Berikan kemudahan pada pelanggan dengan sistem cicil, bukan dengan bunga. Sebagai contoh, jika Anda berencana untuk menjual sesuatu barang dengan harga yang relatif besar, Anda boleh memberikan kemudahan pembayaran dengan sistem cicil tanpa bunga, karena penerapan bunga justru berujung pada perilaku riba. Untuk mendapatkan keuntungan, maka penjual diperbolehkan untuk menaikan harga. Praktik ini bukanlah praktik riba melainkan akad jual beli. 

Nah itulah beberapa tips agar kita terhindar dari perilaku riba. Meskipun perilaku ini sangat diharamkan dalam Islam, tetapi nyatanya masih banyak masyarakat baik disadari maupun tidak justru melakukan praktik riba ini. Untuk itu yang terpenting adalah tentu Anda harus memahami betul seperti apa itu riba, apa saja jenis-jenis perilaku riba, dan apa saja bahaya dari riba. Dengan memahami segala hal mengenai riba, maka perilaku negatif ini akan lebih mudah dihindari. 

Komentar