Belajar Dari Kesuksesan Apple Computer Dalam Bisnisnya

Siapa yang tak mengenal produk Apple Computer yang sangat mendunia. Bahkan produk ini menjadi kelas atas dalam bidang teknologi. Tidak diragukan kesuksesan Steve Jobs dalam mengembangkan produk ini. Co-founder dan CEO pertama dari Apple ini memang memiliki peran besar dalam memperjuangkan produknya hingga menjadi salah satu produk teknologi yang terbesar di dunia. Simak poin-poin pembelajaran yang diambil dari kisah sukses produk Apple ini.


- Fokus pada antisipasi masa depan.

Apple selalu menjadi founder produk dengan kecanggihan teknologinya. Steve Jobs selalu fokus pada apa yang dibutuhkan pada masa depan. Apple menjadi pelopor produk modern karena Apple pandai melihat kebutuhan akan masa mendatang.

- Selalu berpikir positif dalam menjalankan sesuatu.

Pikiran positif memang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Steve Jobs bukan terlahir oleh keluarga yang sempurna. Namun dengan pikiran positifnya Steve Jobs selalu bersyukur akan cinta orang tua angkat yang telah diberikan. Steve Jobs dalam melakukan pekerjaannya dipenuhi kekuatan positif sehingga hasil yang dicapainya tidaklah main-main. Steve Jobs juga dahulu merupakan mahasiswa yang dropout.

- Bergaul dengan orang-orang sukses.

Steve Jobs dalam melakukan pekerjaannya tidaklah sendiri. Mitra besarnya adalah Steve Wozniak di mana kemampuannya sangat baik. Bergaul dengan orang sukses dapat membantu menuju kesuksesan.

- Pecahkan hambatan dan cari peluang.

Dalam membangun Apple Computer ini, Jobs dan Wozniak sempat kehabisan uang untuk mengembangkan komputer Apple pertama. Bahkan Jobs dan Wozniak menjual mobil dan kaltulator grafiknya. Lihatlah sebuah hambatan sebagai peluang yang sedang menyamar.

- Berani mengambil risiko.

Tak ada pengusaha besar dan sukses yang takut dengan risiko. Jobs rela mencopoti produk demi kemajuan Apple. Ketika banyak orang yang meragukan untuk mengembangkan Apple, namun Jobs tetap berani melakukannya. 

- Mengutamakan kesempurnaan produk.

Dalam hal dan kondisi apapun Jobs selalu memperhatikan detail pekerjaannya. Apple menjadi produk yang inovatif dan kompleks karena sikap mengejar kesempurnaan. 

- Prinsip Steve Jobs yang mengingat kematian.

Dengan mengingat kematian, Jobs selalu mengambil pilihan besar dalam hidup. Bahwa mengingat kematiannya merupakan alat terbaik untuk membuatnya mengambil pilihan besar dalam hidupnya. Maka bila Anda ingin melakukan sesuatu dalam hidup janganlah menunda kesempatan yang hadir dalam hidup Anda.

Komentar