3 Persepsi Keliru Mengenai Asuransi

Asuransi merupakan biaya yang harus ditangguhkan untuk risiko yang akan terjadi suatu hari nanti. Biasanya asuransi didapatkan dari perjanjian antara perusahaan penyedia asuransi dan penanggung asuransi tersebut. Melihat fungsi dan peranannya yang cukup jelas tersebut, lalu timbul pertanyaan asuransi penting atau tidak? Asuransi bisa menjadi salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Asuransi dibutuhkan saat Anda terkena musibah mulai dari kebakaran, kecelakaan, hingga meninggal. Dengan mengajukan asuransi di perusahaan yang terpercaya akan membuat seseorang mendapatkan keuntungan yang lebih. Asuransi dilakukan dengan membayarkan sejumlah uang tertentu pada perusahaan asuransi. Uang inilah yang bisa menjadi tabungan yang akan digunakan saat mengalami masa sulit. Berikut ini adalah alasan mengapa asuransi itu sangat penting.


1. Melindungi dari peristiwa yang tidak dapat diprediksi.

Dalam menjalani hidup tentu terdapat banyak sekali peristiwa-peristiwa yang datang dan tidak dapat diprediksi sebelumnya. Mulai dari kecelakaan, musibah-musibah lainnya hingga kematian tidak dapat dicegah. Terlebih lagi saat Anda kehilangan seorang punggung keluarga. Adanya asuransi sangat penting karena masih tetap bisa melindungi anggota keluarga yang ditinggalkan. Untuk melindungi anggota keluarga dari peristiwa yang tidak dapat diprediksi ini, tulang punggung keluarga sudah harus mengajukan asuransi jiwa. Selain karena kematian, musibah juga termasuk kedalam peristiwa yang tidak dapat diprediksi. Saat terjadi musibah, rumah maupun aset yang sangar berharga bisa langsung digantikan menggunakan asuransi Anda.

2. Sebagai Investasi

Selain menjadi salah satu cara untuk melindungi anggota keluarga dari berbagai kejadian yang tak terduga, alasan lain yang dapat menentukan apakah asuransi penting atau tidak yaitu dapat dijadikan sebagai investasi. Investasi dapat dikatakan sebagai tabungan berjangka. Biasanya investasi menjadi tabungan jangka panjang. Asuransi dapat dijadikan sebagai tabungan untuk masa depan sehingga menjaga kondisi keuangan Anda untuk masa yang akan datang. Investasi menggunakan asuransi selain sangat mudah dilakukan, juga memberikan efek positif yaitu keuangan Anda lebih teratur. Baik pengeluaran maupun pendapatan.

3. Manage Keuangan

Mendaftarkan asuransi sangat penting karena memiliki berbagai macam alasan baik sebagai proteksi hingga investasi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa asuransi juga memberikan efek yang baik untuk keuangan keluarga Anda. Dengan mendaftarkan asuransi, selain jiwa dan keluarga lebih aman, memiliki asuransi juga dapat membantu Anda mengelola keuangan Anda. Asuransi saat ini terbagi menjadi berbagai macam jenis mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan hingga asuransi keamanan dan yang lainnya. Bagi Anda yang memiliki anak dan merencanakan untuk menempuh pendidikan bisa menggunakan asuransi sebagai cara Anda mengelola keuangan untuk pendidikan putra putri Anda nantinya.

Setelah melihat alasan-alasan tersebut, asuransi penting atau tidak? Jawabannya sudah pasti sangat penting karena sebagai salah satu cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kematian merupakan hal yang pasti. Sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. 

Namun Tahukah Anda

Bahwa 3 alasan itu yang selalu dianggap orang dan juga sales asuransi penting padahal hal itu adalah Tabu. Mengapa demikian? Kata siapa itu sebagai alat melindungi diri dari hal yang tidak diprediksikan? Apakah kita mengabaikan kekuasaan Sang Pencipta? Bagaimana Sang Pencipta mau melindungi kita kalo kita bertumpu ke yang lain, kalau pun memang ada hal yang tidak diinginkan seharusnya kita bersikap cerdas bahwa hidup ini selalu beriringan, ada susah ada senang, ada sehat dan sakit.

Alat Investasi? Bagaimana bila anda ditakdirkan selama setahun sehat lalu perusahaan asuransi anda bangkrut.

Manage keuangan? Mengapa anda merasa tidak pandai untuk manage keuangan anda sementara anda pandai untuk menciptakan pundi-pundi keuangan.

Semoga bisa bermanfaat.

Komentar