3 Mitos yang Dianggap Benar Padahal Salah Mengenai Asuransi

Apabila mendengar kata asuransi, tentu asosiasi atau persepsi anda akan menuju kepada salah satu produk yang sering mempromosikan tentang keamanan jiwa dan kesehatan. Anda tentu sudah mengetahui pengertian asuransi secara umum, namun sebenarnya apa itu asuransi? Apakah manfaat dari asuransi dan apakah asuransi itu sendiri merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian asuransi, manfaat asuransi, seberapa penting asuransi bagi kehidupan anda, dan beberapa mitos mengenai asuransi yang dianggap benar oleh masyarakat padahal pihak asuransi tidak pernah mengetahui tentang mitos tersebut. Apa saja asuransi tersebut? Berikut ulasannya.


Asuransi secara umum diartikan sebagai penjamin diri kita atau barang berharga yang kita miliki. Namun, asuransi merupakan bentuk manajemen dari potensi resiko pada hal-hal yang tidak terduga seperti kematian, kesehatan, kehilangan, kerugian, dan berbagai hal lain yang menyangkut tentang kejadian tidak terduga dan tidak mengenakan. Apabila sesuatu hal yang tidak diinginkan menimpa kita, tentu kita akan diliputi rasa sedih bahkan kecewa. Namun, dengan adanya asuransi anda bisa mendapatkan kompensasi, tanggungan moneter, bahkan keringanan-keringanan yang sesuai dengan jenis asuransi apa yang anda pilih. Asuransi berfungsi sebagai pelindung dari individu, bisnis dari potensi kerugian yang signifikan. Asuransi ini sendiri juga membantu anda dalam menangani kesulitan keuangan pada tingkat tertentu. Lalu, apa manfaat dari asuransi itu sendiri? Asuransi bermanfaat untuk beberapa hal berikut:

  1. Melindungi diri anda dari dan orang lain (bisa pelaku bisnis sesama anda, karyawan, anggota keluarga) terhadap kesulitan yang ia hadapi.
  2. Melindungi keluarga (misalnya keluarga anda) setelah kehilangan seseorang karena kematian. Dalam hal ini, kematian seseorang akan menimbulkan hilangnya pendapatan. Maka asuransi bisa sedikit mengcover biaya yang diperlukan.
  3. Melindungi bisnis yang anda miliki.
  4. Melindungi diri anda dan keluarga terhadap biaya kesehatan yang tidak terduga.
  5. Melindungi berbagai hal yang berhubungan dengan harta benda anda terhadap pencurian atau kerugian yang disebabkan karena kelalaian dan kecelakaan.

Jika diberi pertanyaan apakah asuransi itu penting, jawabannya Ya! Karena melihat manfaat yang didapatkan dan potensi resiko yang semakin bertambah setiap harinya. Namun, terdapat tiga mitos yang salah tentang asuransi itu sendiri. Berikut mitos yang salah:

1. Jika terdapat mitos bahwa asuransi yang dibayarkan melalui premi sudah menyimpan pajak anda, maka hal tersebut salah.

2. Asuransi diperuntukkan bagi yang sudah menikah, mitos tersebut juga salah besar. Asuransi bisa untuk siapa saja.

3. Warna mobil bisa mempengaruhi tarif premi. Pihak asuransi tidak ada yang mematok aturan tersebut.

Demikianlah seputar asuransi. Saat ini asuransi merupakan kebutuhan yang cukup primer demi melindungi keluarga anda. oleh karena itu, jangan ragu untuk membayar premi dan memanfaatkan keuntungan dari asuransi anda. Namun ingat, asuransi tetap haram loh.

Komentar