Usaha Migas Sangat Potensial, Kementrian ESDM Pindahkan Wewenang Perizinan ke BKPM

Usaha pada sektor Minyak dan Gas enjadi salah satu magnet Indonesia yang bisa menarik banyak inestor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Pasalnya, sektor usaha minyak dan gas merupakan hal yang menjanjikan di Indonesia. Melimpahnya sumber daya alam Indonesia termasuk pada bidang sumber daya minyak dan gas, menjadi peluang yang sangat menggiurkan untuk menjalankan usaha pengelolaan minyak dan gas sampai ke tahap pemasarannya. Besarnya potensi yang di janjikan pada usaha minyak dan gas ini memberikan dorongan kepada pemerintah untuk membuat pintu yang sangat terbuka untuk memudahkan para investor menyentuh usaha minyak dan gas.



Hadirnya Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang sudah mulai diterapkan secara bertahap semenjak beberapa bulan yang lalu, merupakan menjadi hal dasar paling utama penerapan perizinan usaha minyak dan gas yang lebih baik lagi. Perizinan melalui PTSP  di bawah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini memang efektif menekan lamanya waktu dan berbelitnya proses perizinan migas. Selain itu, dengan pemindahan kewenangan izin usaha migas hari ini di BKPM semakin memudahkan para Investor baik dalam maupun luar negeri untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Semenjak di mulainya secara bertahap pengalihan wewenang perizinan tersebut, setiap harinya BKPM kebanjiran kunjungan dari para investor, sebagian dari mereka ada yang hendak bertanya dan meminta penjelasan dan ada juga yang datang untuk mengajukan permohonan pendirian usaha migas.

Berpindahnya pengurusan izin usaha migas hari ini tentu saja memangkas 100 jenis perizinan menjadi 52, dan 52 perizinan tersebut di pangkas lagi menjadi 42 jenis perizinan. Pemangkasan jenis izin tersebut tentu saja membawa dampak yang baik pada berkurangnya waktu yang diperlukan untuk mengurus perizinan usaha minyak dan gas tersebut. Setelah perizinan berpindah semuanya, pemerintah akan terus melakukan banyak upaya lainnya yang dapat mendukung pada tertariknya para investor untuk mnanamkan investasi pada usaha migas ini. 

Komentar