Pentingnya Peningkatan Kerjasama Indonesia Dengan Selandia Baru

Tingginya harga jual daging sapi di pasaran merupakan salah satu masalah yang harus segera diselesaikan. Untuk mengatasi hal tersebut, belum lama ini Indonesia dan Australia telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang pengembangan usaha peternakan sapi di Indonesia dengan Selandia Baru. Peningkatan kerja sama ini dimulai dari pengiriman sebanyak 300 ekor sapi ke lokasi mitra pertama di Kalimantan Selatan, sebagai bagian dari Program pembiakan sapi komersial Indonesia dengan australia, program kemitraan keamanan pangan indonesia dan australia di bidang daging merah dan peternakan sapi. Dengan peningkatan kerja sama ini diharapkan manfaatnya bsia dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, dan dengan meningkatnya produksi peternakan sapi, maka harga daging sapi di pasaran juga bisa menjadi lebih murah dari sebelumnya.



Tujuan dari peningkatan kerjasama di bidang usaha peternakan sapi di Indonesia dengan Selandia Baru adalah untuk mengembangkan industri daging merah dan peternakan sapi Australia yang lebih bersaing, efisien dan berkelanjutan sebagai bagian dari rantai pasokan komersial yang mampu bersaing secara global. Dari tahun ke tahun, meskipun harga daging sapi di pasaran semakin melambung, namun permintaan daging merah ini semakin meningkat. Maka dengan adanya proyak ini menjadi bukti komitmen Australia bekerja sama dengan industri Indonesia yang bertujuan meningkatkan produktivitas melalui alih keterampilan dan kepakaran dalam pembiakan sapi. Selain itu, kerja sama ini juga akan menghasilkan peluang investasi yang semakin kuat dan membuka pasar baru untuk sapi indukan Australia. Secara umum, manfaat impor bagi dalam negeri adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi kekurangan produksi daging dalam negeri

Kurangnya produksi peternakan sapi di Indonesia menyebabkan harga daging di pasaran selalu tinggi, sehingga masyarakat kelas menengah ke bawah selalu kesulitan untuk bisa menikmatinya. Dengan peningkatan kerjasama di bidang usaha peternakan sapi di Indonesia dengan Selandia Baru diharapkan dapat mengatasi kekurangan produksi daging di dalam negeri.

2. Meningkatkan kualitas daging 

Selain jumlah sapi yang bisa mengimbangi permintaan, dengan datangnya sapi dengan kualitas yang lebih baik maka hal tersebut membuat masyarakat kita bisa menikmati kualitas daging yang lebih baik.

Demikianlah manfaat dan pentingnya peningkatan kerjasama Indonesia dan selandia baru, semoga bermanfaat.

Komentar