Pendidikan Anak SD dan Pengaplikasiannya

Apabila kita mendegar tentang pendidikan anak SD, mungkin asosiasi kita akan menuju pada pendidikan anak-anak yang ditempuh setelah taman kanak-kanak atau TK dan setelah pendidikan anak usia dini. Namun, ternyata pendidikan mengenai mengenai anak Sekolah Dasar sangat luas. Bahkan pengertian tentang anak usia sekolah dasar memiliki cakupan dan jangkauan yang sangat luas. Lalu, apa saja sebenarnya yang dimaksud dengan pendidikan anak sekolah dasar? 

Pengertian pendidikan anak SD sebenarnya hampir sama. Meskipun ada beberapa perbedaan di dalamnya. Meskipun terdapat perbedaan asumsi, namun prinsip yang dikatakan oleh ahli mengenai anak usia dini hampir sama. Apa saja prinsip yang dipegang oleh para ahli? Pertama, ahli menyebutkan bahwa anak merupakan sebuah individu yang sedang berkembang dan memiliki kemampuan untuk melakukan penyerapan konsep yang sangat cepat. Kedua, anak-anak merupakan individu yang memiliki kemampuan atau bakat bahkan minat yang berbeda-beda. Perlu diketahui, bahwa apa yang dimiliki oleh anak terkadang tidak sama dengan apa yang dimiliki orangtuanya. Ketiga, orang tua harus benar-benar menelusuri perkembangan anak sedini mungkin. Meskipun anda merupakan orang tua yang sibuk, anda harus luangkan satu hari untuk tidak bekerja dan menelusuri perkembangan buah hatinya. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Amati apa saja yang ia lakukan dalam satu hari. Apabila berulang, bisa jadi itu merupakan kemampuannya. Lalu, apa saja yang harus dilakukan sebagai orang tua? Berikut beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Pendidikan anak SD diwujudkan dengan mendukung anak dengan apa keinginannya, tetapi fokus pada satu hal saja ya. Semisal anak suka bermain bola dan bermain drum. Amati saja apa yang menjadi keahlian dan kesenangannya. 
2. Contohkan dengan berbagai hal baik. 
3. Jangan lupakan pendidikan formal! Pendidikan formal merupakan pendidikan yang paling penting yang harus dilaksanakan oleh siapapun. 
4. Jangan lupa selalu ajarkan buah hati dengan pendidikan-pendidikan dasar, seperti pendidikan tentang agama apa yang dianut oleh anda dan keluarga. Contohkan juga dengan hal baik untuk masyarakat. 

Beranjak dari pengertian pendidikan anak SD, kini masuk pada apa yang harus dilakukan kita sebagai orang tua? Sudah dikilaskan diatas tentang apa itu pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, kini kita harus mengambil langkah untuk menerapkan prinsip diatas. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Anda hanya perlu bergabung dengan Wyeth Parenting Club. Melalui Wyeth Parenting Club, anda akan mendapatkan berbagai kemudahan. Apa saja kemudahannya?
1. Anda cukup mengakses melalui smartphone atau telepon pintar anda.
2. Kemudahan kedua yang anda dapatkan ialah, anda akan dimudahkan dengan sebuah web yang interaktif, yang salah satunya memuat tes yang akan mengetahui bakat si kecil. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengakses dan bergabung ya!

Komentar