Info Kehamilan Mengenai Cara Mengetahui Usia Kandungan

Seorang wanita yang tengah hamil, bisa jadi salah satunya adalah anda tentunya harus tahu bagaimana cara mengetahui usia kandungan. Dengan anda mengetahui usia kandungan tersebut maka anda dapat merawat jabang bayi yang ada di dalam rahim anda dengan lebih maksimal. Ini karena, disetiap fase kehamilan nutrisi yang dibutuhkan jabang bayi akan berbeda dan jika anda mengetahui ini tentunya semua hal yang baik untuk dilakukan pada fase tersebut dapat terlaksana tepat waktu, dan secara langsung jabang bayi akan lebih  sehat dan pertumbuhanya akan semakin optimal. Banyak sekali info mengenai cara mengetahui kehamilan dan juga info mengenai cara menghitung usia kandungan, salah satunya dengan cara manual.

cara mengetahui kehamilan


Menghitung usia kandungan dengan cara manual sudah banyak sekali diterapkan oleh para wanita yang sedang hamil atapun ahli medis yang paham betul akan hal tersebut. Rumus yang kali ini dijabarkan bernama rumus Neagele. Rumus tersebut sangat disarankan untuk digunakan bagi para wanita yang memiliki siklus haid yang teratur yaitu sekitar 28 hingga 30 hari. Rumus ini juga membutuhkan beberapa data, salah satunya hari pertama haid terakhir atau dapat disingkat dengan HPHT. Dengan rumus ini, anda bisa menghitung hari perkiraan lahir sehingga anda dapat mempersiapkan masa kelaharian si buah hati jauh-jauh hari.

Untuk mempermudah penerapan rumus Neagele ini maka dapat dimisalkan yaitu misalnya HPHT anda adalah pada tanggal 16 Januari 2015. Untuk rumusnya sendiri dibagi atas 2 jenis yaitu tergantung dengan bulan HPHT.

1. (x+7) – (y-3) – (z+1)
2. (x+7) – (y+9) – (z)
Keterangan :
X : Hari Pertama Haid Terakhir
Y : Bulan Kehamilan
Z : Tahun Kehamilan

Untuk rumus yang pertama berlaku jika bulan kehamilan lebih dari 3, yaitu bulan April hingga Desember, sedangkan rumus yang kedua jika bulan kurang dari 3 yaitu Januari hingga Maret. Karena contoh kasus yang pertama bulan kurang dari 3 maka digunakan rumus kedua, yaitu (16+7) – (1+9) – (15) maka perkiaraan bayi anda akan lahir pada tanggal 23  Oktober 2015. Kemudian untuk menghitung usia kandungan anda hanya tinggal menggunakan patokan tanggal 23 tadi. Misalkan dalam kasus ini usia kandungan bulan pertama adalah pada tanggal 23 Februari, dst. Itulah cara mengetahui usia kandungan dan hari perkiraan lahir. Untuk mencari info kehamilan lainnya coba kunjungilah situs dari Parenting Club dari Wyet dan jangan lupa menggunakan produk untuk pertumbuhan anak atau buah hati anda dari Pro Gold.

Semoga bermanfaat

Komentar