Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli Dan Harus Kamu Ketahui

Anak merupakan buah hati dambaan orang tua yang ingin selalu di jaga baik secara fisik, maupun mentalnya. Kehadirannya si anak selalu menjadi penghibur dan obat dikala susah, bila ada anak yang ternyata justru melakukan hal sebaliknya itu adalah momok yang menakutkan bagi para orang tua oleh karenanya pendidikan anak harus tetap menjadi prioritas sehingga anak bukan hanya tumbuh menjadi pintar atau cerdas, melainkan bisa tumbuh dengan akhlak yang mulia. 

Ya intinya orang tua juga harus menjaga sekaligus mendidik anak, agar menjadi penerus masa depan yang baik. Salah satunya adalah dengan memonitor pendidikan anak usia dini, sebenarnya bagaimana pendidikan anak menurut para ahli yang ada? Berikut ini penjelasannya.



Sebelumnya, perlu diketahui bahwa sejak tahun 2016, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mewajibkan anak untuk ikut serta dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), paling tidak selama satu tahun. PAUD ini cukup penting bagi tahap perkembangan si anak, oleh karena itu didukung oleh para Ahli. Menurut para ahli ada beberapa jenis PAUD. Berikut ini penjelasannya:

1. Pendidikan anak usia dini menurut para ahli

Yang pertama adalah jenis formal. Pendidikan jenis ini contohnya adalah Taman Kanak-Kanak ataupun Raudhathul Athfal. Pada jenis pendidikan formal anak akan merasakan selayaknya kurikulum dari Pemerintah.

2. Pendidikan anak usia dini  menurut para ahli

Yang ke dua adalah jenis non-formal. Jenis ini contohnya tempat penitipan anak, ataupun taman bermain, atau bisa juga parenting club. Seperti parenting club milik Wyeth.

Kedua jenis Pendidikan Anak Usia Dini tersebut memiliki manfaat yang sama. Berikut ini manfaat dari PAUD:

1. Menurut Byrnes, Pendidikan Anak Usia Dini dapat memberikan persiapan bagi si anak untuk menghadapi masa ke depannya, misalnya masa-masa di Sekolah Dasar, agar anak lebih siap beradaptasi dengan kurikulum dan kehidupan di Sekolah.

2. Menurut Byrnes lagi, Pendidikan Anak Usia Dini dapat membangun karakter anak, karena pada usia inilah karakter anak mulai terbentuk. Tentu saja pilihan PAUD yang tepat menjadi keharusan orang tua. 

Itu tadi artikel mengenai pendidikan anak usia dini menurut para ahli. Semoga dapat memberikan manfaat bagi orang tua dan calon orang tua, selain memberikan bekal anak melalui pendidikan, bekali juga melalui makanan atau susu. Salah satunya dari produk Wyeth yang memiliki banyak pilihan produk seperti Procal Gold, susu yang memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

Komentar